Apakah Doa Anak Yatim Mustajab? dan Apa Manfaat Menyantuni Anak Yatim?

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Manfaat menyantuni Anak Yatim dan seberapa mustajab doa dari anak yatim?

Banyak yang menganggap anak yatim sebagai individu yang bandel dan nakal, mungkin karena kehidupan mereka yang tampak berbeda. Namun, sebagai seorang Muslim, kita perlu memahami kebermaknaan dan kebutuhan untuk menyantuni mereka sebagaimana yang diajarkan dalam ajaran Islam. Lantas apakah benar doa anak yatim itu mustajab? Mari kita telaah bersama dengan landasan ajaran agama.

Penjelasan Doa Anak Yatim Mustajab atau Tidak

Meskipun tidak terdapat dalil yang secara spesifik menyebutkan mustajabnya doa anak yatim, Al-Qur’an memberikan petunjuk di Surah Ad-Dhuha ayat 9, yang berbunyi:

“Adapun anak yatim, janganlah kau menghardiknya.” (Ad-Dhuha:9)

Allah menegaskan agar kita tidak menyakiti atau menghardik anak yatim. Rasulullah SAW pun mengingatkan kita untuk menyayangi mereka. Dalam satu hadis, beliau bersabda,

“Aku dan orang yang mengurus (menanggung) anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan (kedua jari yaitu) telunjuk dan jari tengah serta agak merenggangkan keduanya.” (HR. Imam Al-Bukhari).

Rasulullah SAW. memberikan gambaran bahwa yang menanggung anak yatim akan memiliki kedudukan yang tinggi dan akan cepat masuk surga. Meski tidak ada dalil eksplisit tentang mustajabnya doa anak yatim, Allah SWT berjanji untuk mempercepat kabulnya doa bagi yang menyantuni anak yatim.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Menyantuni dan menjaga anak yatim adalah perbuatan yang sangat dicintai Allah SWT dan Rasulullah SAW. Rasulullah pernah bersabda:

“Ada seseorang yang datang kepada Rasulullah SAW. dan mengeluh kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya, “sukakah kamu jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihanilah anak yatim, usaplah wajahnya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” (HR. Ath-Thabrani).

Anak yatim memiliki kedudukan mulia dalam Islam. Mereka yang menyantuni dan menyayangi anak yatim akan mendapatkan balasan dari Allah berupa pemenuhan kebutuhan mereka. Selain itu, doa yang dihaturkan oleh anak yatim juga akan lebih cepat dikabulkan. Mereka yang menyantuni anak yatim akan mendapatkan kemudahan dalam urusan hidupnya, dan Allah akan mengangkat beban-beban mereka. Lebih jauh lagi, menyantuni anak yatim akan menjadi jalan untuk terhindar dari siksa di akhirat. Doa yang dipanjatkan oleh anak yatim kepada pengasuhnya akan menjadi salah satu faktor untuk membantu mereka masuk surga. Oleh karena itu, menyantuni dan merawat anak yatim memiliki manfaat yang sangat besar dalam ajaran Islam.

Batrasa

Batrasa

Yayasan Sosial Bangun Putra Bangsa (BATRASA), Merupakan yayasan yang bergerak di bidang Sosial, Pendidikan dan Keagamaan.

Leave a Replay

Tentang Yayasan

Yayasan Sosial Bangun Putra Bangsa (BATRASA), merupakan yayasan yang kegiatannya mencangkup Sosial, Pendidikan, Agama dan Membantu Pembangunan untuk Kemajuan Masyarakat

Recent Posts

Follow Us

Channel BATRASA TV

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit